TERBARU
Loading...

TIPE - TIPE PENYAKIT DIABETES DAN CARA MENGATASINYA

       Diabetes mellitus (DM) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kencing Manis merupakan gangguan metabolisme dari distribusi gula oleh tubuh. Penderita diabetes mempunyai sel pankreas yang telah rusak sehingga tidak dapat lagi memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup untuk menstabilkan gula darah.

      Seringkali seseorang menganggap bahwa penyakit DM  disebabkan oleh faktor keturunan saja, padahal faktor utama penyebab diabetes yaitu pola hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan tinggi kalori, rendah serat, kurangnya berolahraga dan obesitas.

TIPE - TIPE PENYAKIT DIABETES DAN CARA MENGATASINYA

Tipe Diabetes


1.      Diabetes Melitus Tipe 1 (Insulin Dependent Diabetes Melitus)
     Pada diabetes jenis ini pankreas sama sekali tidak dapat memproduksi insulin. Sehingga penderita membutuhkan insulin dari luar dengan cara disuntik, tujuannya untuk mengontrol hiperglikemia, memelihara kadar hemoglobin glikosilat yang dapat diterima dan mencegah ketoasidosis yang dapat mengancam kehidupan. Umumnya DM tipe 1 menyerang anak-anak dan remaja, faktor utamanya adalah autoimun dimana sistem kekebalan tubuh merusak sel-sel penghasil insulin di pankreas

2.      Diabetes Melitus Tipe 2 (Diabetes Melitus Nondependen Insulin)
      Diabetes tipe 2 adalah penyakit hiperglikemia akibat insentivitas sel terhadapa insulin. Diabetes tipe ini sering ditemukan pada orang-orang yang kelebihan berat badan karena kadar lemak yang tinggi, yang diketahui dapat menyebabkan tubuh menjadi resisten terhadap insulin. Oleh karena itu meskipun insulin ada, tubuh tidak mampu berespon terhadap insulin secara adekuat. Penderita diabetes tipe 2 tidak memerlukan injeksi insulin tetapi harus menurunkan berat badan untuk memperbaiki resistensi insulin.

3.      Diabetes Gestational
      Diabetes tipe ini terjadi pada wanita hamil yang sebelumnya tidak mengidap penyakit lain. Sekitar 50% wanita pengidap kelainan ini akan kembali kestatus nondiabetes setelah kehamilan berakhir. Namun, resiko mengalami diabetes tipe 2 pada waktu mendatang lebih besar daripada normal. Penyebab diabetes ini dianggap berkaitan dengan peningkatan kebutuhan energi, kadar estrogen dan hormone pertumbuhan yang terus menerus meningkat. Hormon pertumbuhan dan estrogen merangsang pengeluaran insulin  dan dapat menyebabkan gambaran sekresi berlebihan insulin seperti pada diabetes tipe 2 yang akhirnya menyebabkan penurunan responsitivitas sel. Hormon pertumbuhan memiliki efek anti-insulin seperti penguraian glikogen dan penguraian jaringan lemak. Semua faktor ini berperan menimbulkan hiperglikemia pada diabetes gestational.

Tanda dan Gejala


     Penyakit diabetes mellitus ditandai dengan gejala 3P, yang meliputi Polyuria (banyak berkemih), Polydipsia (banyak minum), dan polyfagia (banyak makan). Disamping naiknya kadar gula dalam darah, gejala DM bercirikan adanya gula dalam kemih dan banyak berkemih. Hal itu disebabkan karena glukosa yang disekresikan mengikat banyak air. Akibatnya penderita diabetes merasa haus, berat badannya turun, kehilangan energi dan rasa letih. Untuk memenuhi kebutuhan energinya tubuh akan membakar lemak yang disertai pembentukan zat perombakan antara lain aseton, asam hidroksibutirat dan diasetat, yang membuat darah menjadi asam, keadaan inilah yang disebut dengan ketoasidosis. Ketoasidosis amatlah berbahaya, karena pada akhirnya dapat menyebabkan pingsan.

Kriteria Penderita DM berdasarkan Nilai Diagnostik Kadar Glukosa Darah.
-         Seseorang dapat dikatakan menderita penyakit DM bila hasil pemeriksaan kadar glukosa darah puasanya ≥ 126 mg/dl.
-         Seseorang dikatakan terganggu terhadapa toleransi glukosa bila hasil pemeriksaan kadar glukosa darah puasanya 110-125 mg/dl.
-         Dan seseorang dapat dikatakan normal atau tidak mengidap DM jika hasil pemeriksaan kadar glukosa darah puasanya ≤ 110 mg/dl atau pada pemeriksaan kadar glukosa darah 1 jam setelah minum larutan glukosa ≤ 180 mg/dl.

Penatalaksanaan


1.      Olahraga
Lakukan olahraga secara rutin dan pertahankan berat badan ideal. Olahraga sebaiknya dilakukan sekurang-kurangnya 3 kali seminggu, masing-masing selam 30 menit. Olahraga sangatlah penting karena efeknya dapat menurunkan kadar gula darah, menurunkan lemak darah, mencegah hipertensi, dan mengurangi faktor risiko kardiovaskular.
2.      Diet
   Rencana diet dimaksudkan untuk dapat mengatur jumlah kalori dan karbohidrat yang dikonsumsi setiap hari tujuannya untuk mempertahan berat badan yang ideal, memenuhi kebutuhan energi dan mencegah peningkatan kadar glukosa dalam darah. Hal yang harus diperhatikan yaitu:
-         Jangan menunda makan karena dapat menyebabkan fluktuasi atau ketidakstabilan kadar gula darah.
-         Perbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran dan sereal.
-         Hindari  konsumsi makanan yang banyak mengandung gula
-         Hindari konsumsi makanan tinggi lemak dan mengandung banyak kolesterol seperti daging merah, produk susu, kuning telur, mentega
3.      Berhenti merokok.
       Penderita diabetes harus berhenti merokok, karena rokok mengandung nikotin yang dapat mempengaruhi penyerapan glukosa oleh sel.

 by Innah Hanur 

19 comments: Leave Your Comments

  1. Thanks udh ngasih tau tipew diabetes gan,ane harus mulai hidup sehat kyak ny ni

    ReplyDelete
  2. makasih gan .. gw kira diabetes cmn 1 doang tipenya ternyata banyak

    ReplyDelete
  3. ohh ternyta ada 3 jenis penykit diabetes yaa, bru tau, mskih infonya gan

    ReplyDelete
  4. waduh patut di coba nih ke diri sendiri

    ReplyDelete
  5. Banyak faktor yang bisa menyebabkan penyakit diabetes melitus, diantaranya adalah faktor keturunan, obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol, cara hidup dan pola makan yang tidak sehat serta akibat kerusakan sel lainnya seperti kerusakan pangkreas. Solusi artikel ini sangat membantu untuk mengatasi semua itu...

    ReplyDelete
  6. semoga kita dijauhkan darii penyakit-penyakit berbahaya seperti ini

    ReplyDelete
  7. Wahhh gitu yah cara nya :o...thnks gan infonya :D

    ReplyDelete
  8. iya mas bahaya sekali iya penyakit tersebut harus banyak yang dipantang, mksh telah berbagi tipe nya

    ReplyDelete
  9. maksi dah ngasi tips0tips ka3k, jadi tau 3 jenis penyakit diabetes :)

    ReplyDelete
  10. ternyata ada 3 tipe ya, aku kira sama aja.. emm baru tau..

    ReplyDelete
  11. makasih banyak yaa gan,semenjak baca ini ane jadi tahu banyak tentang diabetes

    ReplyDelete
  12. tipsnya keren banget gan, bermanfaat banget nih

    ReplyDelete
  13. Jenis diabetes ada tiga ya. 1 Jenis aja udh bahaya. Gmna klo tigatiganya huhu

    ReplyDelete
  14. Wih begitu toh tipe-tipe penyakit diabetes ternyata ane baru tau toh

    ReplyDelete
  15. jadi lebih paham tentang penyakit diabetes

    ReplyDelete
  16. mas-wi : thanks infonya..... harus byk berolahraga nih ya gan

    ReplyDelete
  17. weh harus hidup sehat ini, and thanks udag tipe tipenya :D

    ReplyDelete