TERBARU
Loading...

BEBERAPA PENYEBAB TERJADINYA WRITERS BLOCK DAN CARA MENGATASINYA

 BEBERAPA PENYEBAB TERJADINYA WRITERS BLOCK DAN CARA MENGATASINYA


       Blogging adalah sebuah kegiatan dimana pelakunya sedang menuliskan atau mengupdate sesuatu ke dalam blognya. Akan tetapi dalam kehidupan seorang blogger tidak selamanya ide itu akan tersedia dan siap untuk kita tulis. Kadang kalanya kita memasuki saat dimana kita tidak tau ingin menulis apa lagi ke dalam blog. ide yang tadinya banyak dan seolah-olah menggebu-gebu di dalam kepala itu serasa habis. dan akhirnya pelaku blogging biasanya hanya akan diam terduduk kosong di depan layar monitor sambil menanti suatu hal yang unik terlewat di kepala untuk kemudian di bahas.


Saya mengawali kegiatan blogging itu saat menginjak bangku kelas 2 SMA. Dan waktu itu motivasi saya untuk membuat blog adalah karena saya ingin seperti Raditya Dika. Lambat laun setelah saya membangun blog, akhirnya saya hanya bertahan blogging selama beberapa bulan. Itupun jenis tulisan yang dihasilkan juga masih asal-asalan. Bahkan biasanya asal jadi. Maka dari itu biasanya saya tidak bisa bertahan lama dalam membangun blog saya. Sampai akhirnya saya berfikir jika selama ini saya berhenti blogging karena kehabisan bahan atau ide untuk di bahas, kenapa tidak saya menuliskan sebuah artikel yang membahas tentang kenapa saya sampai bisa kehabisan bahan jika sedang menulis blog dan bagaimana cara saya untuk mengatasinya. Siapa tau bisa bermanfaat untuk pembaca saya ya kan ? hehehe.

Menurut saya fenomena  dimana seorang blogger atau penulis kehabisan bahan untuk di tulis disebut sebagai Writers Block. Bukan hanya itu dampak akibat seorang blogger terkena Writers Block juga bisa lebih parah seperti kehilangan motivasi untuk menulis, bahkan dampak terburuknya adalah biasanya blogger mulai bertanya dalam diri mereka bahwa mungkin kegiatan menulis dalam blog ini hanya membuang waktu. maka dari itu banyak blogger-blogger diluar sana yang biasanya putus di tengah jalan dalam proses membangun blognya.

Setelah saya belajar dari pengalaman selama beberapa tahun akhirnya saya sadar bahwa writers block adalah bukan sebuah fenomena akan tetapi itu terjadi dari dalam diri bloggernya sendiri. 


 BEBERAPA PENYEBAB TERJADINYA WRITERS BLOCK DAN CARA MENGATASINYA 

1. Terlalu memaksakan ide

Yap dalam dunia menulis blogger ide itu biasanya datang dari kehidupan sehari-hari. Akan tetapi ada beberapa jenis blogger yang dalam penggalian ide tulisannya kadang terlalu memaksakan. Perlu di garis bawahi bahwa tulisan yang baik dan berkualitas berasal dari ide yang cemerlang pula. Dan ide yang cemerlang sudah pasti tidak akan muncul jika kita terlalu memaksakan pikiran kita untuk mendapatkannya.

Cara mengatasinya : melihat sekitar

Jika anda memang sedang berada pada titik dimana ide anda sudah tidak muncul lagi, jalan keluarnya adalah sudahlah biarkan saja. kalau saya sedang mengalami ini biasanya saya mengatasinya dengan cara pergi meninggalkan laptop dan mencari inspirasi diluar. Dengan cuman mengantongi handpphone berkamera saya bisa mendapatkan jutaan ide baru diluar sana, bukan hanya itu saya bahkan bisa menyimpan ide tersebut dalam bentuk foto. Ide yang baik tidak menuntut harus sempurna cukup dengan melihat hal sekitar maka kita akan mendapatkan jutaan ide untuk dibahas.
  

2. Hanya mengandalkan 1 sudut pandang

        Kadang kalanya jika kita sedang menulis kita biasanya terlalu berpatokan pada 1 sudut pandang. Hal yang sedang kita bahas dalam tulisan biasanya selalu kita bahas dalam 1 sudut pandang. Itulah mengapa ada beberapa jenis tulisan yang diposting dalam blog berubah menjadi membosankan untuk dibaca oleh pengunjungnya. Kita terlalu mengandalkan sudut pandang tersebut dan akhirnya hasil tulisan kita akan menjadi abu-abu, tidak berwarna. Itulah mengapa pentingnya memperbanyak sudut pandang dalam tulisan kita.

Cara mengatasinya : perbanyak sudut pandang

           Dalam suatu ide terdapat ratusan atau bahkan jutaan sudut pandang untuk membahasnya. Oleh karena itu janganlah mau terperangkap dalam satu jenis sudut pandang maka lama kelamaan hasil tulisan anda akan membosankan dan pengunjung blog anda pun perlahan-laha mulai meninggalkan blog anda. Sudut pandang dalam tulisan itu memiliki peran seperti pelangi. Jika makin banyak warna yang dikandungnya maka akan makin indah dan bagus pelangi tersebut sama dengan tulisan, makin banyak sudut pandang yang anda tanamkan didalamnya maka makin bagus pula hasil tulisan anda.

3. pintar-pintar melihat situasi

               Walaupun hal ini agak melenceng dari topik tapi percayalah bahwa situasi adalah salah satu faktor penting untuk menentukan kualitas tulisan. Jika situasi di sekitar anda sedang dalam kondisi kurang memungkinkan untuk menulis atau mungkin anda merasa bosan dengan situasi sekitar tempat anda menulis maka ada baiknya anda memperhatikan saran saya berikut ini.

Cara mengatasinya : pergi dari tempat sebelumnya dan mencari suasana baru

         Yap betul suasana baru adalah jawabannya. Banyak orang yang kadang memaksakan tulisannya selesai walaupun dia sudah merasa bosan dan jenuh pada tempat dia menulis. Dan jika hal ini didiamkan maka hasil tulisan anda akan kurang maksimal walaupun sejago bagaiman pun anda menulis. Maka dari itu carilah suasana baru.

4. menulis tidak didasarkan dengan kemauan yang kuat

           Di dunia ini ada berbagai macam jenis blogger ada yang cuman mau menulis dalam blog hanya karena ingin mengikuti trend dan adapun yang sering menulis dalam blog karena dia hobby dengan itu. oleh karena itu kalau bukan berasal dari kemauan yang kuat maka bisa dipastikan kalau blog anda pasti akan berhenti di tengah jalan. dan anda pun tidak mendapatkan apa-apa.

Cara mengatasinya : carilah motivasi untuk landasan kemauan anda

           Motivasi adalah salah satu yang dapat merubah kehidupan seseorang. Orang sukses adalah orang yang memiliki motovasi hidup yang kuat daan sebaliknya orang gagal adalah orang yang kadang dalam kehidupannya tidak memiliki motivasi sama sekali. Maka dari itu jika anda tidak memotivasi diri anda dalam menyelesaikan sebuah tulisan, maka bisa dipastikan kalau jangankan tulisan anda blog anda pun tidak akan jadi.



            Itulah dia beberapa alasan dan penyebab terjadinya Writers Block kepada seseorang dan cara mengatasinya. sebenarnya masih banyak lagi penyebab terjadinya hal tersebut beserta cara mengatasinya akan tetapi saya akan membahas semua itu pada postingan saya selanjutnya.

0 komentar:

Post a Comment